Chemistry UH Kit #1 ; How To Win Prof Alfian's Heart


cr; tumblr

Setelah membaca judul yang dibuat, apa yang muncul dalam pikiran kalian? Sebelumnya, tulisan ini ditujukan untuk mereka-mereka yang masih meraba raba sebenarnya dosen kimia (khususnya di Universitas Hasanuddin) yang akan dia hadapi seperti apa? Tepat seperti Junior yang bertanya kepada Senior nya mengenai bagaimana perangai seorang dosen yang akan Si Junior hadapi selama satu semester ke depan. Tulisan ini saya tujukan untuk kalian agar bisa lebih prepared, wahai anak muda. 

Walaupun sebenarnya saya belum termasuk dalam mahasiswa semester tua--apa sdh ya?--, tapi sudah cukup mengantongi bagaimana watak dosen dosen yang sudah pernah saya temui. Untuk kalian yang membaca dan merasa ada sesuatu dalam tulisan saya yang melenceng atau terasa janggal, feel free untuk memberitahu di kolom komen di bawah.

Untuk dosen pertama yang akan kita bahas bagaimana cara untuk mengambil hatinya, adalah Prof. Dr. Alfian Noor, M.Sc. Beliau adalah dosen kimia analitik dan radiasi. Mata kuliah yang sudah pernah saya lewati dengan beliau adalah KPK (Kajian Pustaka Kimia) dan Oseanografi. Dimana kedua mata kuliah tersebut merupakan mata kuliah pilihan pada semester dua dan juga pada semester empat. 


Jadi, Bagaimana caranya memenangkan hati seorang Prof
Perlu diketahui bersama dan sepertinya sudah menjadi rahasia umum untuk mahasiswa kimia jika Prof Alfian merupakan dosen ter-on time dan tegas. dan hebatnya, semua mata kuliah yang dibawahi oleh Beliau berada di jam 7.30 pagi. Saya ulangi, 7.30 pagi. dan setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliahnya tidak boleh ada yang terlambat. 7.31 dan kamu masih jauh dari pintu kelas? Tolong berhenti saja lari-lari di koridor. Sudah tidak ada gunanya karena kamu sudah dianggap telat dan tidak hadir pada kelas Prof Alfian.

Prof Alfian mempunyai standar sendiri dalam penilaiannya, dimana Beliau sangat transparan. Jika mahasiswa yang mengambil mata kuliah tidak hadir selama tiga kali (entah dengan alasan apapun) maka dengan tegas dan menyakitkan nilai portal akan berubah menjadi E. Karena tidak ada maaf bagimu, wahai mahasiswa pemalas.

Bagian terpenting! Kamu harus hadir di kuliah perdana pada mata kuliah Prof Alfian. Karena apa? Pada kuliah perdana, Prof Alfian punya hak untuk membatalkan mata kuliahmu secara sepihak jika pada kuliah perdana kamu tidak hadir untuk bertatap muka dengan Beliau. dan jika sudah kejadian seperti itu maka ucapkan selamat tinggal pada 2 SKS karena kamu tidak hadir pada kuliah perdana kelas Prof Alfian.


Setelah semua penjelasan yang saya paparkan mengenai Prof Alfian, maka hal hal yang harus kamu miliki pada dirimu sendiri--sudah sangat pasti--yaitu; Rajin dan jadilah Morning Person. Untuk bisa berhasil melewati kelas Prof Alfian, rajin sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki setiap mahasiswanya (sebenarnya semua dosen ingin mahasiswanya rajin mengikuti kelas). Tapi rajin tidak akan pernah cukup jika tidak bisa bangun pagi bukan? Mengambil mata kuliah Prof Alfian artinya kalian siap untuk menjadi morning person. Sebetul-betulnya morning person karena Prof bisa saja muncul di jam 7.20 dan akan memulai pelajar tanpa segan segan mengusir meraka yang datang 7.21 apalagi yang datang jam 7.30 

Kamu cukup menjadi seseorang yang bisa datang lebih pagi sebelum Prof Alfian datang, yang aktif dalam sesi pertanyaan yang diberikan Prof Alfian. Karena setiap pertanyaan yang kalian berikan akan memberikan poin plus untuk nilai akhirmu ke depannya. Selalu memperhatikan, walaupun kadang Prof tidak begitu peduli dengan mahasiswa yang tidur, apa salahnya kan menjadi yang terbaik dari yang baik? Tanamkan pada dirimu, kamu belajar, kamu mengambil mata kuliah Prof Alfian untuk bisa mendapat ilmu darinya bukan hanya sekedar itu mata kuliah yang hanya perlu rajin datang pagi dan bakalan auto A.


Tapi walaupun tulisan saya diatas cukup membuat kalian yang belum pernah bertemu Prof Alfian merasa keringat dingin, take a seat, calm down. Prof tidak menggigit kok. Beliau sesekali tetap bercanda di dalam kelas. Juga selalu membuat suasana presentasi kelompok paling beda dibandingkan mata kuliah lain. Jika nanti kalian punya planning untuk mengambil kelasnya, rasakan saja nanti betapa bahagianya ketika masa presentasi kelompok dan akhirnya mendapat hadiah dari Prof Alfian. 

Setelah penjelasan panjang lebar di atas, dan kamu mengambil poin poin pentingnya, rajin, tepat waktu, tidak absen melebihi tiga kali dan aktif dalam kelas saya bisa pastikan kok nilaimu bisa terancam A yang artinya kamu berhasil memenangkan hati Prof Alfian. Karena Beliau pernah bilang, nilai yang dia berikan kepada mahasiswa hanya dua macam; A dan E. Jadi, stay on track ya. Jangan pernah coba-coba untuk begadang semalam sebelum mata kuliah Prof kalo nggak mau menyesal akhirnya. 

Just do your best,

Sekian Chemistry UH Kit #1 kali ini, sampai bertemu di #2 ya!

<btw, bagusnya bahas dosen siapa lagi ya?>

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer