Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental


cr: giphy

Secara nggak sadar, di jaman sekarang ini banyak banget orang yang mentalnya terganggu karena nggak pernah memedulikan kesehatan mental dirinya sendiri. Dimana sering berhadapan dengan tekanan-tekanan yang akhirnya malah menjadi hal yang dianggap 'wajar' dan tertutupnya orang jaman sekarang yang makin menambah parah kesehatan mental seorang individu. Padahal jika terus menerus dianggap remeh, mental yang terganggu malah membuat seseorang makin tidak produktif, kepercayaan diri hilang dan bisa sampai ke tahap dimana merasa ia ada di dunia namun mati dalam rasa.

Kasus terparah karena mental yang terganggu adalah bunuh diri. Di negara Asia, seperti Korea dan Jepang memiliki tingkat bunuh diri tertinggi karena kesehatan mental yang terganggu. Entah hal itu terjadi karena tekanan di sisi ekonomi, akademik maupun sosial. Menurut WHO (World Health Organization) kesehatan mental diartikan sebagai keadaan seseorang merasa sejahtera. Karena suatu tekanan seseorang bisa menjadi tidak merasakan hal tersebut.

Setiap orang pasti pernah merasakan perasaan sedih, tertekan ataupun ketakutan. Dan dalam porsi yang berbeda-beda juga dalam penanganan yang berbeda-beda. Kadang seseorang bisa merasa takut hanya sepersekian jam adapun orang yang bersedih sampai merasa dia kehilangan dirinya sendiri. Manusia sangat bermacam-macam, setiap individu mempunyai kadar toleran pada rasa sedih dan lainnya yang tidak akan pernah sama. 

Bisa jadi, pada suatu kasus seseorang bisa mengontrol betapa ia begitu terkenan, namun tidak pada masa yang akan datang. Dimana seseorang terus mengurung setiap perasaan yang ia punya dan membuatnya merasa bahwa orang lain tidak perlu mengetahui apa yang ia rasakan saat tersebut. Tapi nyatanya itu merupakan hal yang salah. Bukan juga dalam artian bahwa ketika merasa sedih dan tertekan maka akan membaginya kepada setiap orang yang ia kenal, tidak, hal ini malah menjadi gangguan mental yang lain.

Hal yang tepat ketika merasa tertekan ataupun sedih, cobalah beritahu orang terdekat dan terpercaya. karena ketika membicarakan suatu masalah kepada orang lain maka secara tidak langsung kita merasa bahwa telah membagi hal yang mengganjal dalam pikiran kita dan membuat kita tidak merasa menanggung beban seorang diri. Jangan pernah merasa bahwa kita mampu untuk mengurung masalah itu seorang diri dan membiarkannya berlalu. Hal inilah yang malah membuat mental kita semakin lama semakin sakit karena tidak diobati dengan berekspresi yang tepat.

Juga, jika kalian senang menulis, menulislah. jika kalian senang menggambar, menggambarlah. Ekspresikan setiap ketakutan, kesedihan dan tekanan itu dalam sebuat media yang kalian senangi karena ketika melakukan hal yang kalian senangi hal itu sama seperti melakukan meditasi. Perasaan tenang akan datang ketika segala tekanan yang kita rasakan bisa diekspresikan dengan baik dalam sebuah karya.

Jika kalian merasa hal itu masih kurang, coba untuk berteriak. Sugestikan diri kamu layaknya ketika berteriak dengan kencang, kesedihan dan tekanan tersebut ikut pergi dengan suara kamu yang terbuang. Berteriak sampai hati kamu merasa tenang akan hal itu. merasa bahwa kesedihan itu telah terbawa dengan suara kamu.

Tapi sebelum semuanya kalian lakukan, pastikan kalian sudah admit bahwa kalian sedih, kesal, gelisah maupun tertekan. Jika sedih, menangislah sejadi jadinya. akuilah terlebih dahulu. Berhenti menjadi kuat itu tidak mengapa dalam suatu waktu. Ketika kalian sudah menerima hal tersebut barulah mencoba dengan hal-hal yang saya berikan di atas.

Hal yang harus kalian ingat bahwa, jangan pernah berpikir untuk memendam setiap masalah yang kalian hadapi, jangan merasa bahwa kalian cukup tangguh dalam setiap masalah. Manusia diciptakan bukan hidup sendiri sendiri. Manusia mahluk sosial. Manusia butuh berkomunikasi agar mental setiap individu selalu dalam keadaan yang baik.

Tetap semangat, you are loved:)


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer